Yuk Mengulas Mesin Cetak Offset



Dewasa ini banyak mesin cetak dengan kualitas unggul, salah satunya adalah mesin cetak offset. Mesin offset adalah peralatan cetak untuk skala jumlah kecil hingga yang besar. Proses kerjanya dijalankan oleh operator dan tergantung pada presisi antara 4 warna dasar CMYK. Mesin cetak offset merupakan salah satu mesin cetak yang paling banyak digunakan, sebab memiliki banyak keunggulan dibanding mesin lainnya. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail terkait mesin cetak offset.

Mengenal Mesin Cetak Offset


Mesin cetak offset ditemukan oleh LJM Daguere dari Prancis. Proses pencetakan pada mesin ini tidak langsung. Jadi, alih tinta cetak dipindah ke blanket, lalu dialihkan lagi ke kertas yang akan dicetak. Pada bagian yang tidak terdapat gambar terbuat dari lapisan hidrophylic, sedangkan di bagian terdapat gambar terbuat dari lapisan oleophylic. Maka dari itu, mesin ini juga disebut sebagai teknik cetak kimia. Adapun ciri khas dari mesin offset yang membedakannya dengan mesin lain, diantaranya :

o   Dicetak menggunakan master yang disebut paper plate.
o   Dapat mencetak jenis kertas durslak bahkan karton berukuran A6 hingga A10.
o   Proses pemindahan huruf pada blanket dibantu oleh air dan zat kimia yang disebut fixer.
o   Mempunyai komponen mekanis yang pergerakkannya dibantu listrik.
o   Tidak hanya mencetak hitam putih, tetapi bisa juga mencetak gambar atau foto yang bewarna.

Keunggulan Cetak Offset


o   Hasil cetakan yang ditampilkan memiliki kualitas warna yang tidak mudah pudar.
o   Memiliki harga cetak yang murah meskipun dalam jumlah cetakan yang banyak
o   Dapat mencetak kertas dengan ketebalan hingga 400 gram dan berukuran hingga 100 x 70 cm. Bisa juga mencetak di kertas yang tipis dan bermotif.
o   Warna tinta yang dipakai bermacam-macam. Jika mencetak warna gradasi, hasilnya lebih akurat dibanding digital printing.
o   Hasil cetakkan dengan tinta full block sangat tajam dan merata. Biasanya untuk pembuatan desain type negatif.

Komponen Cetak Offset


o   Silinder plat sebagai rumah plat cetak.
o   Silinder blanket untuk mengalihkan tinta dari plat cetak menuju media cetak.
o   Silinder impression untuk menempatkan bahan media yang akan diberi tinta cetak.
o   Silinder air yaitu tempat untuk mengisi air pada area yang tidak terkena tinta cetak.

Alur Kerja Cetak Offset


o   Pra cetak

Sebelum ke tahap pencetakan, terlebih dahulu mempersiapkan repro film dari desain yang telah dibuat, dan akan di output setelahnya. Kemudian melakukan rekam plat yang merupakan hasil film repro, lalu plat ini dipasang pada mesin cetak  Setelah itu, menyiapkan kertas sesuai keperluan, misalnya jika ingin membuat koran, kertas yang disiapkan adalah jenis kertas untuk koran. Bagian terakhir dalam proses ini yaitu menyiapkan warna sesuai kebutuhan, seperti alkohol.

o   Cetak

Pada tahap ini, plat cetak dan bahan kertas yang digunakan pada proses sebelumnya dipasang di mesin offset. Plat cetak dipasang di silinder plate di bagian atas mesin offset, sedangkan bahan kertas dipasang di tempat yang mendatar di bawah roll. Jangan lupa untuk menyetting tinta yang akan digunakan. Dalam prosesnya, alih tinta cetak akan bersinggungan dengan silinder plate pada plat cetak, di mana plat cetak itu akan memindahkan tinta menuju blanket. Kemudian blanket tersebut bersinggungan dengan bahan kertas pada silinder impression. Pada proses itu, terjadi pemindahan tinta pada blanket ke bahan cetak

o   Pasca cetak

Proses pada tahap ini biasanya tergantung dari fungsi yang dimiliki setiap kertas yang dicetak, seperti pemotongan kertas pada bagian yang melebihi area cetak guna merapikan bagian kertas dan juga untuk membagi kertas menjadi beberapa bagian. Selain itu, melapisi kertas menggunakan plastik khusus agar hasilnya lebih mengkilap, lebih halus, dan anti gores

Demikianlah hasil rangkuman dari tim tali id card di produksitaliidcard.com . Semoga bisa membantu anda .

Posting Komentar

0 Komentar